Halo ? selamat pagi . . .
Kali ini saya akan mengisi blog ini dengan video yang di praktekkan kemarin, yaitu video
tari kecak modern karya saya dan teman-teman.
Sebelum itu saya akan jelaskan apa itu tari kecak modern dan
sejarahnya.
- PENGERTIAN TARI MODERN Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20 (Horosko,2002.P.1). Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang “memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saat itu.
Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis.Aksi mereka dilandasi dengan factor kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata rias yang tebal.Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari modern (Horosko,2002.P.1)
Tari modern adalah bentuk tarian yang dikembangkan pada awal abad ke-20.Meskipun
istilah tari modern juga telah diterapkan pada kategori ballroom 20th Century
tarian, tari modern sebagai istilah yang biasanya mengacu pada abad ke-20
konser tarian.
Tari
modern adalah salah satu genre yang paling sulit untuk mendefinisikan dengan
teknik.Modern tidak selalu cepat atau lambat atau dilakukan untuk musik
tertentu, atau musik apapun.Itu tidak selalu menyorot keterampilan fisik
tertentu atau bercerita.Hal ini belum tentu apa-apa.Dan itu dapat mencakup
semuanya.Ini bagus dan besar dari sudut pandang banyak koreografer dan penari
karena dalam teori itu memberi mereka kemungkinan tak terbatas untuk bermain
dengan.
- Asal
-
Pada awal
1900-an penari Amerika Isadora Duncan dan Ruth St Denis dan penari Jerman Maria
Wigman mulai memberontak terhadap batasan-batasan yang kaku Ballet Klasik.
Shedding kontrol otoriter sekitarnya teknik balet klasik, kostum, dan sepatu,
awal ini perintis tari modern berfokus pada diri-ekspresi kreatif, bukan pada
keahlian teknis. Tari modern yang lebih santai, gaya bebas di mana koreografer
tarian menggunakan emosi dan suasana hati untuk merancang langkah-langkah
mereka sendiri, berlawanan dengan kode terstruktur balet yang langkah. Memiliki
penggunaan yang disengaja gravitasi, sedangkan balet berusaha untuk menjadi
terang dan lapang.
-
- Eropa
-
Di Eropa,
Maria Wigman, Francois Delsarte, Émile Jaques-Dalcroze, dan Rudolf von Laban
mengembangkan teori pergerakan manusia dan ekspresi, dan metode pengajaran yang
mengarah pada perkembangan Eropa ekspresionis modern dan tarian. Teori-teori
dan teknik mereka menyebar baik di luar Eropa untuk mempengaruhi perkembangan
tari modern dan teater melalui siswa dan murid-murid mereka, dan generasi
berikutnya guru dan penyanyi membawa teori-teori dan metode ke Rusia, Amerika
Serikat dan Kanada, Inggris, Australia dan New Selandia.
-
-
-
* 1891 -
Loie Fuller (rok penari yang bersifat olok-olok) mulai bereksperimen dengan
efek pencahayaan gas telah di sutra kostum. Fuller mengembangkan sebuah bentuk
gerakan alam dan improvisasi teknik yang digunakan dalam hubungannya dengan
pencahayaan revolusioner peralatan dan kostum transparan sutra.Dia dipatenkan
dengan aparat dan metode pencahayaan panggung yang mencakup penggunaan gel
berwarna dan pembakaran bahan kimia untuk pendaran, dan juga dipatenkan nya
sutra tebal kostum panggung.
-
-
* 1903 -
Isadora Duncan mengembangkan teknik tari dipengaruhi oleh filsafat dari
Friedrich Nietzsche [rujukan?] Dan keyakinan bahwa tarian Yunani kuno
[rujukan?] (Alam dan bebas) adalah tarian masa depan. Duncan mengembangkan
filsafat tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual dan menganjurkan untuk
penerimaan tari murni sebagai seni tinggi.
-
-
* 1905 -
Ruth St Denis, dipengaruhi oleh aktor Sarah Bernhardt dan Jepang Sadha penari
Yacco, mengembangkan terjemahan nya kebudayaan dan mitologi India. Pertunjukan
nya dengan cepat menjadi populer dan ia mengunjungi sementara secara ekstensif
meneliti budaya dan seni Oriental.
-
-
Fuller,
Duncan dan St Denis mencari semua melakukan tur Eropa yang lebih luas dan lebih
menerima penonton untuk pekerjaan mereka.Ruth St Denis kembali ke Amerika
Serikat untuk melanjutkan pekerjaannya. Isadora Duncan kembali ke Amerika
Serikat pada berbagai titik dalam hidupnya, tetapi pekerjaannya tidak terlalu
baik diterima di sana. Dia kembali ke Eropa dan meninggal di Paris pada tahun
1927.Fuller kerja juga mendapat dukungan kecil di luar Eropa.
-
Awal tari
modern
-
Pada
tahun 1915, Ruth St Denis Dorthy mendirikan sekolah dan menari Denishawn
perusahaan dengan suaminya Ted Shawn.Sementara St Denis bertanggung jawab atas
sebagian besar karya kreatif, Shawn bertanggung jawab untuk mengajar teknik dan
komposisi. Martha Graham, Doris Humphrey, dan Charles Weidman semua murid di
sekolah dan anggota perusahaan dansa.
-
-
* 1923
Graham daun Denishawn untuk bekerja sebagai artis solo di Greenwich Village
Follies.
-
* 1928
Humphrey dan Weidman meninggalkan Denishawn untuk mendirikan sekolah mereka
sendiri dan perusahaan (Humphrey-Weidman).
-
* 1933 Shawn
nya semua laki-laki mendirikan kelompok tari Ted Shawn and His Men Penari
berbasis di Jacob's Pillow peternakan di Lee, Massachusetts.
-
-
Setelah
shedding teknik dan metode komposisi guru-guru mereka penari modern awal mengembangkan
metode mereka sendiri dan ideologi dan teknik tari yang menjadi dasar bagi
praktik tari modern.
-
-
* Martha
Graham (dan Louis Horst)
-
-
* Doris
Humphrey dan Charles Weidman dan Martha Graham
-
-
* Helen
Tamiris - awalnya dilatih dalam pergerakan bebas (Irene Lewisohn) dan balet
(Michel Fokine) Tamiris belajar sebentar dengan Isadora Duncan tetapi tidak
menyukai penekanan pada ekspresi pribadi dan gerakan liris. Tamiris percaya
bahwa setiap tari harus membuat ekspresif sendiri dan dengan demikian berarti
tidak mengembangkan gaya individu atau teknik. Sebagai koreografer Tamiris
membuat karya berdasarkan tema-tema Amerika bekerja di kedua konser musik tari
dan teater.
-
-
* Lester
Horton - memilih untuk bekerja di California (tiga ribu mil jauhnya dari pusat
tari modern - New York), Horton mengembangkan pendekatan sendiri yang
menggabungkan unsur-unsur beragam termasuk penduduk asli Amerika Jazz tarian
dan modern.Horton's dance technique (Lester Horton Technique) menekankan
pendekatan seluruh tubuh termasuk; fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan
kesadaran tubuh untuk mengizinkan kebebasan berekspresi.
-
-
* Ted
Shawn (Eropa ekspresionis modern dan tari)
-
* Émile
Jaques-Dalcroze (Eurhythmics)
-
* Rudolf
Laban
-
* Kurt
Jooss
-
* Mary
Wigman
-
* Harald
Kreutzberg
-
-
Amerika
popularisasi Modern Dance
-
Pada
tahun 1927 surat kabar secara teratur mulai menugaskan para kritikus tari,
seperti Walter Terry, dan Edwin Denby, yang mendekati penampilan dari sudut
pandang sebuah gerakan spesialis bukan sebagai reviewer musik atau drama.
Pendidik diterima tari modern ke dalam kurikulum perguruan tinggi dan
universitas, pertama sebagai bagian dari pendidikan jasmani, maka sebagai seni
pertunjukan.Banyak perguruan tinggi guru yang dilatih di Bennington Summer
School of the Dance, yang didirikan di Bennington College di tahun 1934.
-
-
Dari
program Bennington, Agnes de Mille menulis, "... ada percampuran yang baik
dari semua jenis seniman, musisi, dan perancang, dan kedua, karena semua mereka
yang bertanggung jawab untuk pemesanan rangkaian konser perguruan tinggi di
seluruh benua itu berkumpul di sana. ... bebas dari striktur membatasi dari
tiga besar pengurus monopoli, yang mendesak untuk preferensi klien mereka di
Eropa. Sebagai akibatnya, untuk pertama kalinya Amerika penari disewa untuk
wisata nasional Amerika, dan ini menandai awal solvabilitas mereka." (de
Mille, 1991, hal 205).
FOTO-FOTO SAAT LATIHAN
UNTUK MELIHATNYA, SILAHKAN KLIK DISINI
No comments:
Post a Comment